Apa Itu Kronotipe Tidur dan Bagaimana Anda Menemukannya?

Kebanyakan orang pernah mendengar tentang ritme sirkadian, tetapi pernahkah Anda mendengar tentang kronotipe tidur? Jika Anda terbiasa dengan istilah “early bird” atau “night owl”, di situlah penelitian seputar kronotipe dimulai.

Sekarang, ada empat klasifikasi kronotipe: Beruang, Singa, Serigala, dan Lumba-lumba. Mengetahui kronotipe Anda mengajarkan Anda tentang kecenderungan tidur alami Anda dan pada akhirnya membantu Anda menjadi lebih produktif sepanjang hari.

Apa Itu Kronotipe?

Chronotype mewakili saat tubuh Anda secara alami ingin bangun atau tidur dalam periode 24 jam reguler, dan saat secara alami ingin menjadi paling produktif. Meskipun kronotipe Anda seringkali terkait erat dengan ritme sirkadian Anda, itu berbeda. Anda sering kali dapat meningkatkan ritme sirkadian menggunakan teknologi atau menggunakan berbagai aplikasi yang mendukung ritme sirkadian yang lebih sehat, tetapi kronotipe tidur Anda lebih permanen.

Ritme sirkadian Anda mengontrol siklus tidur-bangun Anda dan melepaskan melatonin ke dalam tubuh Anda. Ini dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti jadwal kerja, usia, kebiasaan, dan paparan cahaya. Anda dapat menyesuaikan ritme sirkadian Anda dengan menyesuaikan lingkungan Anda. Kronotipe tidur tidak berfungsi seperti ini.

Alih-alih, seperti yang dijelaskan SleepScore, kronotipe Anda sejalan dengan jam biologis dan preferensi genetik Anda untuk produktivitas, terlepas dari saat Anda bangun atau tidur. Misalnya, dua orang yang sama dapat bangun untuk bekerja pada pukul 6 pagi, tetapi salah satu dari mereka mungkin lebih cenderung produktif pada dini hari sementara yang lain lebih produktif menjelang akhir hari kerja.

Mengapa Kronotipe Penting

Mengidentifikasi dan memahami kronotipe Anda penting karena dapat membantu Anda merencanakan hari dengan lebih efektif. Jika Anda tahu bahwa kronotipe Anda secara alami tidak cocok untuk menjadi produktif di pagi hari, Anda dapat menggunakan waktu pagi Anda di tempat kerja untuk tugas yang tidak terlalu intens seperti menjawab email atau melakukan panggilan telepon. Kemudian, di sore hari, Anda dapat mendedikasikan waktu paling produktif untuk mengerjakan proyek besar dan tugas kreatif.

  Salin Teks yang Dipilih Secara Otomatis Ke Papan Klip Anda [Firefox]

Selain preferensi tidur dan produktivitas Anda, kronotipe Anda juga dapat memberikan wawasan tentang nafsu makan dan suhu tubuh Anda. Anda mungkin tidak dapat mengubah kronotipe Anda, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk memahami preferensi alami tubuh Anda dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Daripada terus-menerus merasa frustrasi karena tidak bisa langsung berlari di pagi hari, Anda bisa belajar untuk lebih lembut dengan diri sendiri dan menyesuaikan jadwal Anda dengan jam tubuh spesifik Anda.

Empat Kronotipe Utama

Dalam penelitian awal kronotipe, orang sering diklasifikasikan sebagai burung awal (tipe pagi), burung hantu malam (tipe malam), atau burung kolibri (tidak keduanya). Michael Breus, penulis The Power of When, mengenali kronotipe keempat dari orang yang tidur gelisah (insomniac).

Dengan informasi baru ini, Dr. Breus menemukan kembali sistem kronotipe yang ada dengan empat klasifikasi kronotipe baru. Sebagian besar kuis yang Anda ikuti atau profil tidur yang diberikan kepada Anda oleh jam tangan pintar atau pelacak kebugaran akan mengklasifikasikan Anda sebagai salah satu dari empat kronotipe ini: Singa (pagi), Serigala (malam), Beruang (di suatu tempat di tengah), atau Lumba-lumba (sulit tidur) . Kronotipe ini didasarkan pada siklus tidur-bangun khas setiap mamalia di alam liar.

Orang dengan kronotipe Singa biasanya bangun lebih awal, tertidur lebih awal, dan menyelesaikan pekerjaan terbaiknya sebelum tengah hari. Segera setelah tengah hari tiba, Lions mungkin mulai merasa mengantuk atau memiliki energi yang lebih rendah hingga mereka tidur sekitar jam 9 atau 10 malam.

Jika Anda memiliki kronotipe Serigala, Anda mungkin kesulitan untuk bangun di pagi hari, dan periode peningkatan produktivitas alami Anda jatuh antara siang dan jam 4 sore. ritme sirkadian sehingga lebih mudah bangun di pagi hari. Meskipun Anda mungkin bangun di pagi hari sebagai Serigala, Anda tidak akan produktif hingga sore hari.

Kronotipe yang paling umum adalah Beruang. Jika Anda memiliki kronotipe Beruang, siklus tidur-bangun alami Anda cocok dengan matahari, dan Anda mungkin merasa mudah untuk bangun dan tertidur. Beruang seringkali paling produktif sebelum tengah hari, dan energi keseluruhan mulai menurun pada sore hari.

Jika Anda memiliki masalah dengan jadwal tidur yang ditetapkan, Anda mungkin memiliki kronotipe Dolphin. Di alam liar, lumba-lumba hanya tidur selama beberapa jam pada suatu waktu, dan ketika mereka tidur, setengah dari otak mereka masih aktif ā€” menjadikannya mamalia yang sempurna untuk menggambarkan orang yang tidur gelisah. Orang dengan kronotipe Lumba-lumba merasa sulit untuk tertidur, tetap tertidur, dan bangun di pagi hari, dan mereka umumnya paling produktif antara jam 10 pagi dan 2 siang.

  Cara Mengatur Chromecast dengan iPhone Anda

Penting untuk dicatat bahwa keempat kronotipe yang terdaftar oleh Dr. Breus bukanlah satu-satunya kronotipe yang ada, tetapi merupakan yang paling umum digunakan saat ini.

Cara Menemukan Chronotype Anda

Biasanya, membaca setiap kronotipe secara mendalam akan memberi Anda ide bagus tentang yang mana yang Anda sukai. Jika tidak, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencoba aplikasi pelacak tidur atau membeli jam tangan pintar yang melacak pola tidur. Anda mungkin sudah memiliki jam tangan pintar atau pelacak kebugaran yang menawarkan fitur pelacakan tidur.

Beberapa perangkat pelacak tidur, seperti pelacak kebugaran Fitbit atau Cincin Oura, tidak hanya menganalisis tidur Anda, tetapi juga menawarkan informasi kronotipe setelah Anda melacak jumlah malam tertentu. Jam tangan pintar, pelacak kebugaran, dan perangkat yang dapat dikenakan lainnya sering menampilkan data tidur dasar Anda secara gratis, tetapi Anda sering kali harus membayar langganan untuk melihat analisis yang lebih mendalam tentang pola tidur Anda.

Anggota Fitbit Premium akan melihat kronotipe mereka dikategorikan sebagai salah satu dari empat mamalia Dr. Breus, sementara pengguna Oura Ring akan melihat kronotipe mereka terdaftar sebagai “tipe dini hari”, “tipe larut pagi”, dan seterusnya (dengan total enam kronotipe) .

Jika Anda tidak memiliki perangkat yang dapat melacak tidur Anda, Anda dapat mencoba mencatat waktu Anda bangun, tidur (atau naik ke tempat tidur untuk tidur), dan merasa pening sepanjang hari. Setelah mencatat waktu ini selama beberapa minggu, lihat apakah Anda melihat adanya tren umum. Atau, Anda selalu dapat mengambil Kuis Kekuatan Kapan dirancang oleh Dr. Breus untuk menunjukkan kronotipe Anda yang paling mungkin.

Bagaimana Mengetahui Chronotype Anda Dapat Membuat Anda Lebih Produktif

Cara terbaik Anda dapat menggunakan pengetahuan tentang kronotipe Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah dengan menyimpan pekerjaan terberat Anda selama blok waktu kronotipe Anda paling waspada dan berfungsi tinggi. Jika Anda seorang Serigala, tidak masuk akal untuk bekerja dengan susah payah melalui tugas-tugas sulit di pagi hari ketika jam tubuh Anda berfungsi paling baik setelah jam 12 siang. Dengan mempelajari kronotipe Anda dan mendengarkan jam tubuh Anda, Anda dapat mengatur tugas yang mudah dan sulit sepanjang hari dengan lebih efisien.

  Bagaimana Mencegah 11 Ancaman Teratas di Cloud Computing?

Bahkan di luar pekerjaan, mengetahui kronotipe Anda dapat membuat Anda lebih produktif di rumah. Sebagai seseorang dengan kronotipe Singa, Anda mungkin menyadari bahwa Anda terlalu mengantuk saat pulang kerja untuk memasak makanan sehat atau mulai mencuci pakaian. Sebaliknya, Lion mungkin memutuskan bahwa mereka perlu menyiapkan makan malam atau mengerjakan pekerjaan rumah lebih awal di pagi hari sebelum berangkat kerja karena tugasnya lebih mudah pada waktu itu.

Setelah Anda mengetahui kronotipe Anda, Anda juga dapat menyesuaikan jadwal tidur Anda dengan apa yang diketahui paling efektif untuk kronotipe tersebut, dan melihat produktivitas Anda melonjak. Terkadang, jadwal kerja Anda mungkin tidak memungkinkan untuk ini, dan tidak apa-apa. Anda juga dapat berupaya menggunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Bagi orang dengan kronotipe Lumba-lumba, meningkatkan kualitas tidur bahkan lebih penting daripada mereka yang memiliki kronotipe Beruang, Singa, atau Serigala. Lumba-lumba cenderung tidur gelisah yang membutuhkan kondisi yang tampaknya sempurna untuk tertidur, tetap tertidur, dan bangun tepat waktu. Jika Anda tahu Anda memiliki kronotipe Dolphin, ada baiknya berinvestasi dalam teknologi yang dapat meningkatkan pengalaman tidur Anda untuk memastikan Anda mendapatkan kualitas tidur sebanyak mungkin.

Setelah Anda mengatur rutinitas tidur yang sesuai untuk Anda, penting untuk mencoba yang terbaik untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama, termasuk di akhir pekan.

Temukan Chronotype Anda dan Mulai Belajar Dari Itu

Banyak orang tahu kronotipe tidur mana yang mereka miliki bahkan tanpa perlu mengikuti kuis atau meminta pelacak kebugaran menganalisis tidur mereka. Saat Anda membaca deskripsi pola tidur dan produktivitas alami setiap kronotipe, mudah untuk mengidentifikasi pola yang sama dalam diri Anda.

Setelah Anda mengetahui kronotipe mana yang Anda miliki, Anda dapat meneliti lebih banyak tentang kronotipe spesifik Anda dan mencoba menyelesaikan tugas terbesar, paling kreatif, atau intens selama perkiraan jendela produktivitas Anda.